Pemkab Sukoharjo Serahkan Berkas TPU Makam Haji

  • Regional
  • 20 Apr 2018 | 17:06 WIB
  • Oleh Ig
  • Dilihat 200 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / sukoharjo - setelah diminta Kemendagri terkait berkas-berkas pengelolaan makam haji, Pemkab Sukoharjo menyerahkan berkas yang berisi data-data soal pengelolaan tempat pemakaman umum (TPU) Pracimoloyo di Kecamatan Kartasura dan TPU Daksinoloyo di Kecamatan Grogol kepada Pemprov Jateng.

Menurut Kabag Pemerintahan Pemkab Sukoharjo, Ary Haryanto, belum lama ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemprov Jateng meminta data-data soal dua TPU yang berada di Desa Makamhaji, Jalan Slamet Riyadi dan di Desa Kwarasan, Jalan Raya Solo Baru-Klaten. Bahkan pihaknya langsung mengirimkan data-data yang diminta tersebut. ?Tidak menunggu hari, kami langsung kirimkan data-data ke Pemprov Jateng. Semoga ini titik terang ya,? kata dia, Kamis (19/4).

Lebih lanjut Ary mengaku, data-data yang dikirimkan itu berisi berbagai hal. Diantaranya memuat permasalahan pokok soal makam yang sempat ditinjau oleh perwakilan Kemendagri tahun lalu. Dikatakan, peluang untuk mengelola dua TPU oleh Pemkab yang selama ini dikelola Pemkot Surakarta tersebut masih terbuka lebar. ?Jadi kalau ada tahapan permintaan data-data soal TPU, itu artinya kan bagus. Kami masih berharap pengelolaan dua TPU di wilayah kami, berada di bawah Pemkab,? akunya.

Dia menuturkan, pengelolaan secara penuh dua TPU yang berada di kawasan perbatasan antara Kota Makmur dengan Kota Bengawan itu, sangat penting. Tidak hanya terkait letak strategis lahan TPU yang berada di Desa Makamhaji dan Desa Kwarasan. Tetapi lebih pada penataan TPU yang dikhawatirkan mengalami overload karena terus digunakan orang dari berbagai daerah. ?Makanya kami tidak putus berkoordinasi dengan Kemendagri untuk mengetahui sejauh mana perkembangannya itu,? tutur dia.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU