Pemkot Semarang Ubah Bantaran Sungai Kumuh Jadi Zona Produktif

  • Regional
  • 05 Nov 2017 | 16:42 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 102 kali
image
foto: istimewa

SEMARANG, beritajowo.com -?Walikota Semarang Hendrar Prihadi nampaknya semakin berkomitmen dalam pembangunan infrastruktur di Kota Semarang.

Buktinya setelah berhasil menyulap pemukiman kumuh menjadi cantik dan viral dengan Kampung Pelanginya, kini orang nomor satu di Semarang itu merubah bantaran kali kumuh menjadi lahan produktif.

Di Kalisari, wilayah yang berdekatan dengan Kampung Pelangi, saat ini sedang dibangun lahan parkir dan?food court?guna mendukung upayanya dalam mempopulerkan Kampung Pelangi sebagai salah satu potensi wisata di Kota Semarang.

Walikota menjelaskan bahwa rencananya food court tersebut akan dibangun 2 lantai. ?Lantai bawah akan dijadikan kios sedangkan lantai 2 akan digunakan bagi pengunjung untuk menikmati makanan dan pemandangan yang indah di sekitar wilayah tersebut,? tuturnya saat melakukan tinjauan terhadap pembangunan proyek di Kalisari tersebut.

Saat ini, sambungnya, pekerjaan mencapai 75 persen dengan target selesai pada awal Desember.

?Kalau informasi dari kontraktor, pekerjaan ini jauh lebih cepat dari kontrak. Saya optimis pekerjaan ini akan segera selesai sehingga warga Semarang akan mempunyai alternatif tempat tujuan untuk menikmati hidangan dan pemandangan di Semarang,? tambah Walikota.

Rencananya di kawasan tersebut akan dibangun sebanyak 33 kios makanan yang memprioritaskan para pedagang yang dulu menempati wilayah tersebut.

?Sebelumnya ada percetakan, bengkel las, dan lain-lain. Saat ini kita memberikan kesempatan kepada para pedagang tersebut untuk kembali berjualan, syaratnya berjualan makanan seiring dengan upaya yang Pemkot lakukan guna mengoptimalkan potensi wisata di sana,? tambahnya.

Sementara terkait alur sungai yang dilakukan juga di wilayah tersebut, Walikota mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk mempercantik wilayah Kalisari khususnya kampung pelangi.

?Saat ini pekerjaannya sedang?on schedule?dengan target selesai di bulan Desember. Harapannya pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa selesai tepat waktu sehingga dapat mempercantik wilayah tersebut,? pungkasnya.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU