Kawanan Kera Ekor Panjang Serang Pemukiman Warga Wonogiri

  • Regional
  • 06 Apr 2018 | 17:22 WIB
  • Oleh ANT
  • Dilihat 185 kali
image
Foto:istimewa

beritajowo.com / wonogiri -?Masyarakat Desa Pokoh Kidul, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri resah lantaran adanya kawanan kera ekor panjang yang belakangan ini mulai berani merangsek ke pemukiman.

Selain mencuri makanan dan merusak tanaman warga, kera-kera tersebut juga menyerang hewan ternak milik warga setempat.

?Dalam satu kawanan kera itu paling tiga sampai empat ekor, tapi besar-besar sekali,? ujar Kepala Desa Pokoh Kidul, Wuryatno, Jumat (6/4).

Siang hari diusir, kata Kades, keesokan harinya kawanan primata itu sudah kembali ke pemukiman. Ditambahkan, kera-kera besar itu tidak takut dengan penduduk.

?Kalau membunuh ternak kambing belum pernah. Tapi kawanan kera itu?numpaki?anak-anak kambing layaknya kera pasangannya,? kata dia.

Sebelumnya, Pemkab Wonogiri pernah menggelar pertemuan sebagai upaya mencari cara mengatasi serangan monyet ekor panjang yang kini mulai menjarah permukiman. Beberapa opsi penanganan menjadi pilihan. Antara lain menanam buah-buahan yang menjadi pakan monyet dan mengundang Suku Badui untuk memindahkan satwa-satwa tersebut.

?Persoalan ini akan kami koordinasikan dengan Setda dan juga Bupati Wonogiri, biar ada solusinya bagaimana,? papar?Kabag Perekonomian Setda Wonogiri, Edy Tri Hadiyanto.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU