LIPI Latih petani Maksimalkan Hasil Produk

  • Regional
  • 06 Apr 2018 | 14:14 WIB
  • Oleh SPC
  • Dilihat 202 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com /?Klaten ??Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menularkan hasil riset ke petani di wilayah Klaten. Pihaknya menggelar pelatihan dan diseminasi produk hasil penelitian di Desa Gempol, Kecamatan Karanganom.

?Ini adalah kegiatan implementasi Indonesian Biodiversity Strategy and Action Plan (IBSAP) untuk mendukung dunia usaha dan pariwisata serta pelatihan dan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi Pusat Penelitian Biologi LIPI di kawasan Borobudur,? ujar Kepala Pusat Penelitihan Biologi LIPI, Witjaksono, Kamis (5/4).

Para peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan penanaman Jati Platinum, penggunaan Pupuk Organik Hayati (POH), dan membudidayakan lebah penghasil madu obat dan propolis, yakni Trigona. Pasalnya Desa Gempol dianggap sebagai desa penyangga. Sehingga bisa menjadi percontohan desa mandiri yang mengembangkan pertanian organik dan tidak tergantung dengan APBD.

Untuk penggunaan POH, dikatakan, petani dapat membuat sendiri pupuk ini dengan bahan-bahan yang mudah didapat sehingga biaya pemupukan lebih murah. Sedangkan keunggulannya ialah mampu menyuburkan tanah secara alami, meningkatkan ketahanan terhadap hama dan penyakit, serta memelihara kesehatan tanah.

?Proses pembuatannya menggunakan mikroba yang tidak dimiliki pupuk organik lainnya di pasaran. Sedangkan Jati Platinum LIPI secara agroforestri bermanfaat untuk optimalisasi penggunaan lahan, nutrisi, penigkatan produkifitas pertanian dan konservasi tanah dan air,? papar Witjaksono.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Joko Siswanto, mengaku keberadaan LIPI dapat dirasakan oleh masyarakat.

?Upaya Pusat Penelitian Biologi LIPI ini untuk memberikan solusi terhadap masalah aktual dan strategis yang terjadi di tengah masyarakat. Harapannya, hasil penelitian ini dapat memperkuat pengembangan potensi daerah terutama untuk memperkuat perekonomian masyarakat,? kata Joko.

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU