Isao Pendiri Studio Legendaris Jepang Ghibli Meninggal Dunia

  • Internasional
  • 06 Apr 2018 | 13:31 WIB
  • Oleh SPC
  • Dilihat 161 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com / tokyo - Isao Salah satu pendiri Studio Ghibli Isao Takahata meninggal pada Kamis (5/4) di sebuah rumah sakit di Tokyo.

Dia berkali-kali masuk rumah sakit sejak musim panas tahun lalu karena masalah jantung. Isao meninggal pada usia 82 tahun.

Dia dikenal lewat film pertamanya di Ghibli, “Grave of the Fireflies” yang dirilis pada 1988. Film itu memperoleh banyak pujian dari para kritikus. Film itu mengisahkan dua anak yang berjuang untuk bertahan hidup pada akhir Perang Dunia II.

Isao sendiri bertahan hidup setelah pengeboman besar-besaran yang dilakukan Amerika Serikat (AS) pada Kota Okayama saat dia berusia 9 tahun.

Setelah lulus dari University of Tokyo dengan gelar di bidang sastra Perancis, Isao bertemu dengan pendiri Ghibli lainnya Hayao Miyazaki di Toei Animation. Mereka kemudian mendirikan Ghibli bersama Toshio Suzuki pada 1985.

Isao pertama menjadi sutradara pada 1961 dengan film-film seperti “The Great Adventure of Horus”, dan “Prince of the Sun”. Sayangnya film-film itu jeblok di pasar.

Hal ini menyebabkan keduanya kehilangan status di Toei. Isao akhirnya meninggalkan perusahaan itu, tulis The Hollywood Reporter.

“The Tale of the Princess Kaguya”, film kelima dan terakhir Isao untuk Ghibli adalah salah satu film termahal yang dibuat di Jepang. Anggarannya mencapai sekitar $50 juta.

Walaupun dinominasikan untuk film animasi terbaik pada Oscars 2015, film itu gagal balik modal setelah dirilis di Jepang pada November 2013.

Hayao mengumumkan jika dia pensiun dua bulan sebelumnya. Setelah itu kondisi produsi film di Ghibli dianggap mengkuatirkan.

Tahun lalu, Hayao mengumumkan jika dia akan keluar dari pensiun dan kembali bekerja. Film terbarunya “How Do You Live?” dijadwalkan tayang pada 2020.

img
BeJo@17
EDITOR