Julius Maada Bio Jadi Presiden Baru Sierra Leone

image
foto: VOA/dok

beritajowo.com / SIERRA - Julius Maada Bio diambil sumpahnya sebagai presiden baru Sierra Leone setelah memenangkan pemilihan putaran kedua yang berlangsung ketat.

Bio dilantik beberapa waktu sebelum Rabu (4/4) tengah malam, tidak lama setelah komisi pemilu menyatakan ia sebagai pemenang pemilihan Sabtu lalu.

Bio, pemimpin Partai Rakyat Sierra Leone dan mantan pemimpin militer, meraih hampir 52 persen suara. Ia mengalahkan mantan menteri luar negeri Samura Wilson Kamara dari partai Kongres Seluruh Rakyat (APC), yang meraih sekitar 48 persen.

Pada pemilihan umum 7 Maret lalu, tak seorang kandidat pun yang meraih 55 persen suara, angka yang perlu diraih untuk ditetapkan sebagai pemenang berdasarkan konstitusi.

Sekitar 3,1 juta orang tercatat memberikan suara dalam pemilu itu, sebut kantor berita Perancis AFP.

Bio, yang berkampanye melawan korupsi, menggantikan Presiden Ernest Bai Koroma dari APC yang telah berkuasa selama dua masa jabatan.

Juru bicara Koroma, Abdulai Bayraytay, mengatakan, pemerintah lega karena pemilihan putaran pertama dan ke-dua secara umum berlangsung damai.

Negara miskin berpenduduk 6,1 juta orang di Afrika Barat itu menghadapi kemiskinan yang meluas dan dampak setelah wabah Ebola tahun 2014 yang menewaskan sekitar 4.000 orang.?

img
BeJo@17
EDITOR

KABAR TERBARU