Tutorial Cara Mudah Gunakan Google Assistant

  • Info Publik
  • 05 Apr 2018 | 21:43 WIB
  • Oleh lip6
  • Dilihat 143 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com / semarang - Awal pekan ini Google Indonesia mengumumkan Google Assistant atau asisten virtual Google sudah bisa diperintah menggunakan bahasa Indonesia.

Kendati begitu update Google Assistant berbahasa Indonesia ini terbatas pada smartphone Android dengan OS Android 5.0 (Lollipop) ke atas.

Sementara, untuk pengguna iPhone, fitur Google Assistant berbahasa Indonesia hanya bisa dinikmati oleh pengguna iOS 9.1 ke atas.

Cara menggunakannya pun cukup mudah dan sangat membantu bagi pengguna yang sedang tidak bisa memegang smartphone karena kesibukan.

Misalnya saat pengguna sedang mengetik di kantor, tetapi ingin melihat informasi bioskop terdekat atau ingin mengirim pesan BBM ke teman.

Untuk menggunakan fitur Google Assistant ini, pengguna hanya perlu:

1. Menyetel perangkat mereka ke bahasa Indonesia.

2. Jangan lupa untuk memperbarui aplikasi Google ke versi terbaru melalui toko aplikasi Google Play atau App Store.

3. Kamu hanya perlu menekan dan tahan tombol Home atau ucapkan "Ok Google" di smartphone yang mendukung fitur ini.

4. Ucapkan perintah yang ingin dikerjakan oleh Google Assistant dalam bahasa Indonesia. Google Assistant pun akan menjawab perintah dengan bahasa Indonesia.


Meminta Google Assistant Kirim BBM

BlackBerry Messenger

Ikon baru BlackBerry Messenger

Misalnya, kamu memerintah Google Assistant untuk mencari tahu lokasi bioskop terdekat, kamu bisa memerintahnya dengan mengucapkan "Bioskop dekat sini".

Ketika koneksi internet kamu lancar, Google Assistant pun akan melakukan pencarian dan memberi jawaban "Berikut adalah Bioskop dekat sini" kemudian, muncullah daftar bioskop yang memang berada di lokasi terdekat dari tempat pencarian.

Kamu juga bisa meminta bantuan Google Assistant untuk membuka berbagai aplikasi atau memintanya menelepon teman, hingga memintanya untuk mengirimkan pesan BBM ke teman kamu.

Syaratnya, kamu harus menyebutkan namanya sesuai dengan nama kontak yang tertera di buku kontak atau daftar teman BBM.

Misalnya kamu menyuruh Google Assistant untuk mengirim pesan ke salah satu teman kamu dengan perintah "kirim BBM ke Agustinus Mario."

Berikutnya Google Assistant akan menanyakan pesan apa yang ingin dikirim dan mengetikkan, memastikan ketikannya benar, dan mengirimnya.

Tidak hanya itu, kalau kamu bosan, Google Assistant juga bisa diminta untuk menyajikan cerita-cerita lucu atau fakta unik.

Google Assistant Berbahasa Indonesia

Google Assistant

Google Assistant, fitur asisten virtual terbaru dari Google (sumber: google.com)

Google Assistant berbahasa Indonesia tentunya memudahkan pengguna berbahasa Indonesia untuk melakukan penelusuran seperti mencari resep, menerjemahkan kalimat, hingga menghibur dengan cerita-cerita lucu.

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami mengatakan, "Asisten Google dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan di Allo pada Agustus 2017. Kini dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas pengguna."

Asisten Google diberdayakan oleh machine learning dan dibuat berdasarkan pengalaman Google selama 20 tahun di bidang Penelusuran, termasuk natural language understanding, computer vision, dan memahami konteks dari pengguna.

Karena itulah, Asisten Google dapat memahami maksud ucapan pengguna untuk membalas pertanyaan lanjutan dan mengerjakan tugas kompleks yang terdiri dari sejumlah langkah.

Asisten Google juga akan makin canggih seiring waktu dan bisa mempelajari preferensi serta hal-hal yang disukai atau tidak disukai pengguna. Tentunya, semua dilakukan dengan cara yang aman, rahasia dan dengan izin pengguna.

img
BeJo@17
EDITOR