Sedang Program Diet? Ini Daftar Menu Makan Malam Sempurna

  • Bebungah
  • 08 Jan 2019 | 15:25 WIB
  • Oleh KMC
  • Dilihat 55 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / semarang - Diet lagi ngetrend tak hanya dikalangan wanita saja banyak pria yang ikut-ikutan menjalankan diet hidup sehat. KETIKA sedang menurunkan berat badan, kamu tentu perlu mengawasi asupan dan waktu makan. Para ahli gizi bahkan menganjurkan untuk berhenti makan satu atau dua jam sebelum pergi tidur. Hal itu karena tubuh perlu waktu untuk mencerna makanan di dalam tubuh.

Ada juga sebagian ahli juga menganjurkan untuk mengkonsumsi sedikit karbohidrat – atau tidak sama sekali – pada malam hari agar pencernaan tidak bekerja terlalu berat dan makanan tidak menumpuk di dalam tubuh menjadi lemak.

Menu Makan Malam Sempurna Patut Kamu Coba Saat Menjalankan Program Diet!Meja makan. (Pixabay/RealAKP)

Namun, jika makan malam sudah menjadi kebiasaan bagi kamu, tak perlu khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi malam hari, meski kamu sedang dalam proses diet. Penasaran? Yuk! simak artikel ini sampai habis.

1. Legum

Kacang-kacangan. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Kacang-kacangan. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Legum adalah karbohidrat sehat yang kaya akan serat. Kelompok makanan ini termasuk kacang polong, edamame, lentil, kacang tanah, buncis, dan berbagai macam varietas kacang. Seperti dilansir Go-Dok, setiap setengah mangkuk penyajian memberikan setidaknya 7 sampai 8 gram serat.

2. Buah dan sayuran

Buah dan sayur. (Pixabay/Sponchia)

Buah dan sayur. (Pixabay/Sponchia)

Buah dan sayuran sangat ideal untuk dikonsumsi sebagai menu makan malam. Pastikan untuk mendapatkan mayoritas asupan karbohidrat dari buah dan sayuran karena mereka mengandung vitamin, serat, dan nutrisi lainnya.

3. Telur Utuh

Telur Utuh. (Pixabay/Couleur)

Telur Utuh. (Pixabay/Couleur)

Penelitian terbaru dari Department of Nutritional Sciences, University of Connecticut, menunjukan kalau telur utuh tidaklah memberi efek merugikan bagi kolesterol dalam darah ataupun menyebabkan serangan jantung. Malahan, telur merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan karena tinggi akan protein, lemak sehat, dan dapat membuat merasa kenyang dengan kalori sangat rendah.

4. Salmon dan Tuna

Daging salmon. (Pixabay.moreharmony)

Daging salmon. (Pixabay.moreharmony)

Menu makan malam satu ini sangatlah sehat dan mengenyangkan. Ia dapat membuat kenyang dalam waktu lama dengan kalori relatif sedikit. Salmon mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan beragam nutrisi penting. Jangan lupakan kandungan iodine dengan jumlah signifikan di dalamnya.

5. Daging tanpa lemak dan dada ayam

Daging ayam. (Pixabay/Free_Photos)

Daging ayam. (Pixabay/Free_Photos)

Daging merupakan makanan paling aman untuk diet karena tinggi akan kandungan protein. Sejauh ini protein menjadi nutrisi paling mengenyangkan. Ingat hanya daging, tanpa lemak, sehingga mengonsumsi makanan tinggi protein dapat membuat kamu membakar hingga 80 sampai 100 kalori per hari.

img
BeJo@17
EDITOR

Bungah Terbaru