4 Manfaat Mentimun, Efektif Buat Program Diet

  • Bebungah
  • 07 Jan 2019 | 19:21 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 188 kali
image
foto: Istimewa

beritajowo.com / semarang - Sudah sejak lama MENTIMUN merupakan sayur yang populer di Indonesia. Biasanya mentimun diolah dengan cara disayur, dijus, hingga dijadikan lalap.

Siapa sangka, mentimun merupakan makanan ajaib. Hal itu disebabkan mentimun memiliki segudang manfaat kesehatan yang luar biasa. Mentimun juga cocok jadi bagian dari makanan diet kamu.

1. Kamu akan tetap terhidrasi

  Air dalam ketimun bisa melembabkan tubuh dan kulit. (Foto: Pixabay/Pexels)

Air dalam mentimun bisa melembabkan tubuh dan kulit. (Foto: Pixabay/Pexels)

Seperti dikutip Food Prevent, faktanya, tubuh tak bisa berfungsi tanpa air. Air dapat membersihkan tubuh dari racun dan membawa nutrisi penting ke seluruh tubuh. Air juga berfungsi melembabkan kulit dan tubuh.

Namun, tak banyak diketahui bahwa manusia mendapatkan asupan 40% air dari makanan. Di sanalah peran buah-buahan atau sayuran, khususnya mentimun. Mentimun terdiri dari 95% air. Jadi saat kamu makan mentimun, pada saat bersamaan kamu juga sedang minum.


2. Tubuhmu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan

 Ketimun mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. (Foto: Pixabay/JerzyGorecki)

Mentimun mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. (Foto: Pixabay/JerzyGorecki)

Mentimun rendah kalori. Hanya terkandung 15-17 kalori dalam mentimun ukuran sedang. Mentimun juga kaya nutrisi seperti serat, karbohidrat, protein, vitamin C, K, dan B, kalium, mangan, zat besi, seng, dan magnesium.

Untuk mengonsumsi mentimun, sebaiknya jangan dikupas karena nutrisi itu ada di lapisan luarnya, terutama serat.

3. Akan turun berat badan

 Konsumsi ketimun bisa membantu kamu menurunkan berat badan. (Foto: Pixabay/Tumisu)

Rutin makan mentimun bisa membantu kamu menurunkan berat badan. (Foto: Pixabay/Tumisu)

Ketimun bisa menjaga kamu tetap kenyang. Hal itu karena kandungan nutrisi tinggi dan kadar airnya. Penelitian menunjukkan bahwa diet dengan kadar air lebih besar bakal lebih kehilangan berat badan jika dibanding dengan diet lebih sedikit air.

Dengan mengganti ikan berkalori tinggi dengan mentiun, kamu kemungkinan besar dapat melihat perubahan besar dalam hal penurunan berat badan.


4. Napasmu jadi lebih segar

 Kamu bisa mendapatkan nafas segar dengan mengonsumsi ketimun. (FOto: Pixabay/ivanovgood)

Kamu bisa mendapatkan napas segar dengan mengonsumsi mentimun. (FOto: Pixabay/ivanovgood)

Ketimun merupakan penyegar napas alami. Hal itu karena phytochemical yang membantu ketimun melindungi diri dari zat berbahaya. Ketimun juga bisa bermanfaat untuk mematikan bakteri berbahaya di mulut.

Untuk mendapat manfaat mentimun untuk kesegaran mulut, cukup diamkan irisan mentimun di lidah selama 30 detik untuk membutuh bakteri dan mendinginkan mulut.

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

Bungah Terbaru