Jangan Salah Kalkulasi, Berikut Tips Buat Resolusi Tahun Baru

  • Mandraguna
  • 03 Jan 2019 | 03:42 WIB
  • Oleh Ig
  • Dilihat 181 kali
image
foto: Istimewa

Beberapa orang mengawali Tahun Baru dengan membuat resolusi selama setahun ke depan. Hal itu dilakukan dengan harapan kehidupan di tahun yang baru menjadi lebih baik. Sayang, beberapa orang salah membuat resolusi sehingga banyak yang nggak tercapai dan malah terbengkalai.

Okezone.com, Selasa (26/12/2017) menulis, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar resolusi tahun baru bisa benar-benar tercapai. Berikut sejumlah tips membuat resolusi Tahun Baru.

Jangan Terlalu Banyak

Jika kamu menginginkan perubahan yang terlalu banyak, bisa jadi resolusi tersebut terlalu membebanimu. Alih-alih semangat, kamu malah malas menjalankan semua resolusi yang direncanakan. Buatlah resolusi yang sederhana tapi konsisten dilakukan.

Sebagai contoh, jika kamu pengin berhemat, jangan melakukannya dengan cara membatasi apapun yang ingin kamu beli atau kamu makan. Cobalah dengan selalu memasukkan uang dalam jumlah tertentu di dalam celengan setiap hari. Hal ini dinilai jauh lebih efektif dan membuatmu lebih bersemangat untuk melakukannya.

Realistis

Memiliki mimpi yang besar merupakan suatu hal yang bagus. Namun, bermimpilah yang realistis. Sebagai contoh, bila kamu pengin belajar keahlian baru seperti menjadi seorang fotografer, jangan langsung berpikir hasil fotomu akan langsung keren seperti fotografer profesional hanya dalam waktu singkat.

Perlu proses untuk mencapai tingkatan tertentu. Sering-seringlah membaca, mencari tips, atau ikut dengan komunitas fotografi. Memang, awalnya foto-foto hasil jepretanmu mungkin kurang sepadan dengan fotografer profesional, tapi seiring dengan pengalaman yang kamu dapat, hasil jepretanmu akan membaik.

Cobalah Membuat Target yang Lebih Spesifik

Jangan hanya membuat resolusi dengan tujuan yang abstrak seperti pengin pergi ke luar negeri. Cobalah untuk menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik. Sebagai contoh, kamu pengin menonton pertandingan sepak bola langsung di stadion yang ada di Inggris. Kamu pun bisa fokus mencari informasi tentang tiket pertandingan, akomodasi, transportasi, dan bagaimana cara mengumpulkan uang agar bisa pergi ke sana. Hal ini tentu akan jauh lebih efektif untuk dilakukan.

Terus Bersemangat untuk Belajar dan Berusaha

Jika kamu pengin mendapatkan sesuatu, mau nggak mau kamu harus berusaha dengan keras, kan? Sebagai contoh, jika kamu pengin membeli rumah sedangkan uangmu belum cukup, kamu bisa mencoba mencari pekerjaan sampingan untuk menunjang keinginanmu.

Jangan Lupakan Waktu Berkualitas untuk Diri dan Keluarga

Bekerja keras untuk menggapai impian memang baik untuk dilakukan. Namun, ada baiknya kamu juga nggak lupa untuk memberikan waktu yang berkualitas bagi diri atau keluarga. Luangkan waktu untuk bersantai meski sejenak dengan cara pergi berwisata atau setidaknya rehat di rumah. Kendati terlihat sederhana, hal-hal tersebut bisa berimbas positif bagi pikiran dan semangatmu, Millens.

Dilansir dari inibaru.id

img
BeJo@17
EDITOR
Loading...

Bungah Terbaru