Apa Itu yang Dimaksud RAM Komputer dan Seperti Apa Fungsinya?

  • Bebungah
  • 03 Des 2018 | 23:40 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 82 kali
image
Foto: Istimewa

beritajowo.com - Pada komputer terdapat berbagai komponen penting yang membuat sebuah komputer dapat dioperasikan dengan baik. Salah satu komponen yang penting adalah RAM. Apa itu RAM? RAM komputer  alias Random Access Memory adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang pada isinya bisa diakses dalam waktu yang tidak tetap, tidak mempedulikan letak data dalam memori. RAM juga disebut sebagai memori akses acak.

Lantas, seberapa pentingnya RAM pada komputer dan apa fungsinya? ​RAM komputer berfungsi untuk mempercepat kecepatan kerja dari sebuah komputer. Akan tetapi perlu menjadi catatan bahwa RAM bukanlah komponen utama untuk mempercepat kinerja komputer maupun laptop, melainkan membantu proses kinerja prosesor untuk mengolah data pada komputer. Semakin besar RAM yang ada pada komputer, maka semakin baik kinerja komputer karena terbantu dengan kapasitas RAM tersebut.

RAM komputer tersedia dalam berbagai kapasitas mulai dari 2GB, 4GB, 16GB, 32GB, dan 64GB dan seterusnya. Selain itu, jenis RAM dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan dari generasi ke generasi. Mulai dari RAM DDR 2, DDR 3, DDR 4 dan jenis terbaru adalah RAM DDR 5. Banyak penilaian bahwa semakin terbaru jenis RAM pada komputer, maka performanya semakin baik dan harganya cenderung terjangkau.

Sejatinya bukan hal yang sulit ketika kita ingin mengganti RAM pada komputer dengan kapasitas yang lebih besar. RAM bisa dibeli secara terpisah di toko komputer atau yang lebih mudahnya adalah membeli online di Bukalapak. Sebagai marketplace terkemuka di Indonesia, Bukalapak memiliki begitu banyak pelapak dengan produk-produk yang beraneka macam. Tidak terkecuali pastinya adalah komponen-komponen pada komputer seperti RAM. Bahkan juga aksesoris komputer dan laptop yang lainnya seperti keyboard, ​mouse komputer​, cooling pad, dan lain aksesoris lainnya.

Mengganti RAM tentu tidak boleh sembarangan. Apabila Anda masih terlalu awam mengenai komponen-komponen yang ada di dalam komputer, maka jauh lebih disarankan untuk Anda serahkan saja pada tukang service komputer untuk mengganti RAM. Karena memang sejatinya ada beberapa hal yang penting untuk terlebih dahulu diperhatikan sebelum mengupgrade RAM pada komputer ataupun laptop.

Perlu dipahami bahwa tidak semua komputer bisa mendukung ukuran RAM yang lega. Umumnya pada mainboard sebuah komputer membatasi jumlah maksimal ​RAM komputer yang bisa dipasang pada komputer tersebut. Sehingga kita juga tidak bisa asal mengganti RAM komputer dengan kapasitas yang begitu besar. Bahkan bukan cuman mainboard saja, terkadang pun terdapat sistem operasi yang memberikan batasan ukuran memori. Jenis RAM yang dipilih juga harus sama dengan mainboard pada komputer. Contohnya untuk RAM DDR 3, maka hanya dapat dipasangkan oleh mainboard yang juga mendukung RAM DDR3 saja.

Slot RAM di dalam komputer ataupun laptop ada berbagai macam. Ada komputer yang maksimal dapat memasang RAM hanya satu slot saja, ada juga yang sampai menampung 3 slot. Sehingga untuk yang lebih dari satu slot, tentu kita dapat memasang juga lebih dari satu keping RAM. Contohnya ingin menambah RAM menjadi 8GB, maka bisa memasang 2 slot RAM berkapasitas masing-masing 4GB.

Setidaknya ada 4 hal yang penting untuk diperhatikan sebelum melakukan upgrade atau penggantian ​RAM komputer​. Pertama adalah membedakan terlebih dahulu DDR pada RAM, kapasitas maksimal untuk menambah RAM, seri berapa RAM yang digunakan pada komputer dan satu lagi adalah memahami dahulu batas upgrade RAM di motherboard.

img
BeJo@21
EDITOR

Bungah Terbaru