5 Tips Membuat Desain Kartu Nama yang Menarik

  • Mandraguna
  • 05 Nov 2018 | 18:52 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 110 kali
image
foto: beritajowo.com/dok

beritajowo.com - Walaupun kini kita sedang menuju era di mana semua hal hadir dalam bentuk digital dan bukan kertas, kartu nama tetaplah sangat penting untuk dimiliki. Jika kita tidak memiliki kartu nama yang bisa diberikan untuk klien atau rekan bisnis, kita akan kehilangan kesempatan yang sangat penting.

Salah satu hal yang penting untuk diketahui tentang kartu nama adalah ia hadir dengan level. Sebuah kartu nama yang baik akan memiliki bahan yang berkualitas, tidak terlalu ringan, tidak tipis, mudah dibaca, memiliki desain menarik, dan berbagai hal yang menunjukkan kelas lainnya. Dan sebaliknya. Maka dari itu, tidak heran jika kartu nama bisa menggambarkan bisnis yang Anda miliki.

Karenanya, memiliki kartu nama sangatlah penting. Mengingat semua hal tentang bisnis bisa tergambar dari kartu tersebut.

Untuk desain kartu nama sendiri, semua hal itu bisa dilihat di Internet. Di sana terdapat beragam inspirasi desain dan bentuk kartu nama yang keren, dan tentunya bisa memberikan kesan positif pada bisnis.

Bahkan, situs desain grafis Canva memberikan beragam template desain kartu nama yang tinggal disesuaikan. Jadi, pengguna tinggal memasukkan informasi bisnis dan mengganti elemen warna dan logo perusahaan.

Tapi, sebelum mendesain kartu nama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah hal-hal penting berikut:

Mengikuti Prinsip Dasar Desain

Sama seperti kegiatan desain lainnya. Kita perlu memahami prinsip dasar mendesain terlebih dahulu sebelum membuat kartu nama. Kartu nama yang baik akan mengikuti prinsip dasar desain yaitu harus mudah dibaca, tidak terlalu sulit dipahami, menarik, dan lainnya. Hal-hal seperti pemilihan font, hierarki, kontras warna, semua harus diperhitungkan dengan seksama sehingga kartu nama terlihat lebih menarik.

Unik

Percayalah, ada banyak kartu nama sejenis dan serupa yang mirip dalam satu industri. Sehingga mudah tertukar. Untuk mengakali itu, kita harus memiliki hal yang berbeda. Misalnya, dalam industri kesehatan, ada banyak orang yang menggunakan warna dasar putih dan hijau. Bagi Anda yang ingin berbeda, gunakan warna lain. Sehingga kartu nama Anda lebih unik.

Buat Sendiri

Kelemahan dari membuat desain kartu nama di tempat pembuatan kartu nama yang sudah berpuluh-puluh tahun berdiri adalah mereka kerap mengulang desain. Sehingga kartu nama yang digunakan tidak unik dan mirip dengan kartu nama orang lain. Maka dari itu, sebisa mungkin desain sendiri kartu nama Anda, dan barulah bawa ke percetakan. Situs desain online gratis Canva bisa dimanfaatkan untuk ini.

Gambarkan Diri

Kartu nama adalah representasi dari Anda dan bisnis yang digeluti. Karena itu, kartu nama harus memiliki desain yang menggambarkan Anda dan bisnis yang Anda jalani. Karena, semua hal itu sangat penting. Misalkan saja, jika bisnis atau industri yang Anda geluti adalah dunia kreatif, jangan sampai kartu nama yang Anda miliki tidak meninggalkan kesan kreatif tersebut.

Jangan Takut Berbeda

Berbeda bentuk, berbeda ukuran, berbeda desain adalah hal yang baik dalam bisnis. Semua ini bisa membuat kartu nama mudah diingat. Jadi saat rekan bisnis ingin menghubungi Anda, mereka akan mudah mengingat dan mencari kartu namanya. Bayangkan saja, ada banyak kartu nama yang bisa mereka miliki dari berbagai rekan kerja lain. Tapi untuk mengetahui kartu nama yang unik, mereka akan mudah mengingatnya. Maka dari itu, berani memberikan kartu nama yang berbeda adalah hal yang tidak kalah penting dari semua hal di atas.

img
BeJo@17
EDITOR

Bungah Terbaru