Filosofi Wanita Jawa (bag.III) Wa-Ni-Ta

  • Kawruh Jowo
  • 18 Jan 2018 | 10:35 WIB
  • Oleh bejo25
  • Dilihat 502 kali
image
Foto.(istimewa)

Beritajowo.com // Adat jowo - Menurut Ronggowarsito sedikitnya ada 3 watak perempuan yang jadi pertimbangan laki laki ketika akan memilih, yaitu :

WA (Tertawa)

Dengan kata lain wanita selalu ingin tertawa atau senang dan bahagia. Tugas anda sebagai kaum pria untuk membuat seorang wanita selalu tersenyum, tertawa, senang dan bahagia.

Bila anda mampu bahagiakan wanita dengan dengan hartamu, tahtamu atau bila belum mampu sekurang-kurangnya bahagiakan wanita dengan sikap dan tutur kata. Puji wanita dan buat elalu senang dan bahagia.

NI (Geni)

Kata geni berasal dari bahasa jawa yang artinya api. Semua orang tahu sifat api adalah panas serta bila benci api akan menghanguskan apa saja yang dibakarnya tanpa memikirkan dampak dan akibatnya.

Dalam pengambilan suatu keputusan seorang wanitaakan lebih menggunakan perasaan daripada fikiran. Hal tersebut menyebabkan seorang wanita tidak akan memikirkan akibat dari suatu keputusan yang diambilnya.

TA(Tata)

Karena wanita mempunyai sifat yang selalu ingin tertawa, senang dan bahagia yang kadang terlalu berlebihan dan dalam mengambil suatu keputusan lebih memakai perasaan daripada fikiran yang kurang memikirkan dampak dan akibatnya maka sudah menjadi kewajiban anda sebagai kaum pria untuk bisa menata dan mambimbing kaum wanita.

Tapi harus diingat dalam membimbing kaum wanita perlu trik tertentu. Hal ini disebabkan konon katanya kaum wanita terbuat dari tulang rusuk kaum pria.

Anda tentu tahu tulang rusuk itu keras dan bengkok. Bila tidak ditata ia akan tetap bengkok bila terlalu keras manata akan menyebabkan patah.

"Perempuan Jawa punya kekuatan cinta yang luar biasa walau kadang tidak tampak di permukaan." Sebagai kaum pria anda juga harus tahu bahwa wanita itu adalah mahluk yang misterius.

Wanita bisa menyembunyikan benci dibalik cinta atau sebaliknya bisa menyembunyikan cinta dibalik benci.

img
BeJo@25
EDITOR
Loading...

Budaya Lokal Terbaru