Nyi Roro Kidul Anak Ratu Bilqis

image
(foto: istimewa)

beritajowo.com // babad - Hampir semua masyarakat pulau Jawa bahkan Indonesia, percaya jika di Pantai Selatan ada sebuah kerajaan ghaib yang dipimpin oleh sesosok perempuan bergelar Kanjeng Ratu Kidul.

Simpang siurnya informasi yang ada serta minimnya bukti sejarah yang tersedia, membuat nama Nyi Roro Kidul hingga kini hanya menjadi mitos yang tak diketahui nilai kebenarannya.

Berikut adalah salah satu mitos yang berkembang di masyarakat dan banyak dipercayai sebagai asal usul Nyi Roro Kidul :

Nyi Roro Kidul identik dengan Ratu Bilqis.

Mitos menyebut jika Ratu Kidul sebenarnya adalah anak dari pemimpin kerajaan yang ditaklukkan Raja Sulaiman, yaitu Ratu Bilqis.

Diriwayatkan bahwa setelah Ratu Bilqis menikah dengan sesosok jin pria, kemudian mereka dikaruniai seorang putri yang diberi nama Aurora.

Putri ini tak memiliki raga karena dia bukanlah manusia, tetapi sesosok jin sama seperti bapaknya.

Karena malu memiliki anak bersosok jin, Ratu Bilqis kemudian mengasingkannya ke sebuah pulau yang jauh dari kerajaannya. Pulau ini di kemudian hari bernama Al-Jawi atau Pulau Jawa.

Putri Aurora tumbuh besar bersama dengan jin lainnya yang ada di pulau itu. Darah biru yang mengalir di tubuh putri ini membuatnya menjadi pemimpin bagi para jin di wilayah tersebut.

Seiring berjalannya waktu, terjadi migrasi besar-besaran dari luar datang ke Nusantara dan menempati pulau Jawa.

Karena merasa terusik, kemudian Putri Aurora dan para pengikutnya memutuskan pindah ke sebelah Selatan Jawa. Tepatnya di pesisir pantai laut Selatan.

Beratus-ratus tahun putri Aurora dan pengikutnya membangun kerajaan, hingga akhirnya mencapai masa kejayaan.

Banyak sekali kerajaan-kerajaan jin kecil di sekitaran Jawa yang takluk dan mengaku bergabung dengan kerajaan Laut Kidul.

Lambat laun, ketenaran kerajaan yang dipimpin putri Aurora kemudian berkembang dan menyebar ke seluruh penjuru Nusantara.

Masyarakat Jawa yang saat itu tidak terlalu fasih menyebut kata Aurora kemudian mengubah nama sang putri menjadi Roro. Putri Roro dipanggil Nyi Roro.

Dan karena Nyi Roro merupakan penguasa jin di pantai Selatan, kemudian diberi tambahan Kidul (Selatan), maka nama lengkapnya menjadi Nyi Roro Kidul.

img
BeJo@23
EDITOR

Budaya Lokal Terbaru