Permainan 'Pasaran' Ajarkan Hidup Bermasyarakat

  • Adat Jowo
  • 05 Nov 2017 | 14:31 WIB
  • Oleh bejo22
  • Dilihat 296 kali
image
Foto:istimewa

beritajowo.com // Adat Jowo - Pasaran,  merupakan salah satu permainan anak-anak (khususnya perempuan) yang hingga kini masih ada, sekalipun sudah jarang ditemukan.

Hanya, saat-saat libur sekolah, pasaran bisa kita jumpai di beberapa tempat, baik di kota maupun desa.

Itu pun tidak selalu. Artinya, di saat libur sekolah kadang anak-anak bermain pasaran kadang juga tidak. Tergantung ada banyak anak atau tidak. Jika di saat libur sekolah, ada banyak anak di rumah dalam satu lingkungan dan tak ada kegiatan, dimungkinkan mereka bermain bersama dan permainan yang sering dipilih adalah pasaran.

Sebaliknya, jika anak-anak tak banyak jumlahnya, tak memilih bermain pasaran. Mereka hanya bermain kejar-kejaran atau sejenisnya.

Jarangnya permainan pasaran dilakukan anak-anak di masa kini karena sering di saat libur sekolah keluarga memiliki acara sendiri. Sehingga anak tidak dapat bergaul dengan anak sebaya di lingkungan berdomisili. 

Dengan begitu mereka tidak dapat beramain bersama. Di samping itu, kini anak-anak sudah banyak yang memiliki gadget yang mengakibatkan mereka sibuk atas diri sendiri. Mereka bermain sendiri melalui perkakas canggih itu. 

Tidak perlu ada kehadiran teman sebaya, mereka dapat bermain. Dan bahkan, sering mereka sangat menikmatinya. Gadget telah menggantikan peran teman bermain.

img
BeJo@22
EDITOR
Loading...

Budaya Lokal Terbaru