Makna Jenis Kembang Tujuh Rupa

  • Adat Jowo
  • 05 Apr 2018 | 06:59 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 570 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo,com // Semarang - Berbicara soal budaya, masyarakat Indonesia terutama di Jawa, masih banyak yang memercayai hal-hal yang bersifat klenik dan sakral. Saat melakukan kegiatan yang dianggap sakral, kembang tujuh rupa adalah salah satu hal wajib yang tak boleh ketinggalan.

Kembang tujuh rupa sendiri terdiri dari tujuh aneka bunga, yakni bunga mawar, kanthil, melati, kenanga, mawar putih, mawar merah, dan bunga telon. Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa, setiap bunga memiliki makna dan arti tersendiri.

Berikut adalah maknanya:

1. Bunga Kanthil

Makna dari bunga kantil adalah agar memiliki ilmu dan jiwa spiritual yang kuat, sehingga bisa meraih sukses lahir dan batin. Selain itu, bunga kantil juga berarti memiliki tali rasa atau bermakna kasih sayang yang mendalam dan tiada putus.

2. Bunga Melati

Sementara makna dari bunga melati adalah dalam melakukan segala kegiatan harus melibatkan hati atau kalbu, tidak hanya sebatas bertindak saja. Selain itu, makna lain dari bunga melati adalah dalam berbicara lebih baik mengandung ketulusan dari kalbu atau hati nurani yang paling dalam.

3. Bunga Kenanga

Dalam adat Jawa, bunga kenanga berarti kenang-en ing angga atau yang bermakna agar setiap orang selalu mengenang semua warisan leluhur, baik berupa benda seni, kesenian, filsafat, atau pun kebudayaan.

4. Bunga Mawar Merah

Bunga yang satu ini melambangkan proses lahirnya manusia ke dunia. Selain itu, bunga mawar merah juga melambangkan ibu, dimana tempat hati nurani dan jiwa manusia terbentuk.

5. Bunga Mawar Putih

Menurut adat Jawa, bunga mawar putih berarti melambangkan ketentraman, kedamaian, dan kesejahteraan. Sehingga terciptalah keselarasan antara bumi dan langit, atau yang biasa dikenal dengan “Gemah Ripa Loh Jinawai, Tata Titi Tentrem Kerta Raharja”

6. Bunga Telon

Telon berasal dari bahasa Jawa yang berarti tiga. Sementara bunga telon bermakna agar manusia bisa meraih tiga kesempurnaan dalam hidup, yakni kaya harta, kaya ilmu, dan kaya jabatan.

7. Bunga Mawar

Berbeda dengan mawar merah atau putih, dalam hal ini bunga mawar tak terpaku apakah berwarna merah atau pun putih. Bunga mawar sendiri melambangkan kehendak atau pun niat. Dalam menghayati nilai-nilai leluhur, hendaknya harus disertai dengan niat yang tulus.

img
BeJo@23
EDITOR

Budaya Lokal Terbaru