Visi Spiritual Gajah Mada

  • Kawruh Jowo
  • 24 Apr 2018 | 19:01 WIB
  • Oleh Red
  • Dilihat 433 kali
image
Foto: istimewa

beritajowo.com // Semarang - Mahapatih Gajah Mada sangat berperan penting dalam kerajaan Majapahit. Dari andilnya, Majapahit menjadi kerajaan yang disegani di kawasan Nusantara.

Patih Gajah Mada dalam mengemban tugasnya, memegang teguh berbagai prinsip dan visi. Kali ini kita akan sedikit mengupas salah satu visi spiritual yang dianutnya.

Visi Tri Hita Wacana

Hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan

Hubungan yang harmonis antara manusia dengan manusia lainnya

Hubungan yang harmonis antara manusia dengan alam atau lingkungannya

Ketiga hubungan harmonis itu diyakini akan membawa kebahagiaan dalam kehidupan ini, yang diwujudkan dalam 3 (tiga) unsur yaitu (1) Parahyangan atau tempat suci, (2) Pawongan atau manusia itu sendiri, (3) Palemahan atau alam semesta atau lingkungan.

baca juga : Prinsip Kepemimpinan Patih Gajah Mada

Visi Tri Karya Parasada

Manacika (berpikir yang baik dan benar)

Wacika (berkata yang baik dan benar)

Kayika (berbuat yang baik dan benar)

Visi Tri Guna Sukmaya

Sifat Satwam (sifat tenang, suci, bijaksana, cerdas, terang, tentram, waspada, disiplin, ringan dan sifat-sifat baik lainnya)

Sifat Rajah (sifat lincah, gesit, goncang, tergesa-gesa, bimbang, dinamis, iri hati, congkak, kasar, bengis, panas hati, cepat tersinggung, angkuh dan bernafsu)

Sifat Tamak (sifat paling tidak sadar, bodoh, gelap, pengantuk, gugup, malas, kumal, kadang-kadang suka berbohong)

baca juga : Visi Politik Negarawan Patih Gajah Mada

Visi Tri Parama Arta

Cinta Kasih, artinya menyayangi dan mengasihi sesame makhluk sebagaimana mengasihi diri sendiri. Manusia harus saling asah, saling asih dan saling asuh. Tujuannya agar terwujud kerukunan, kedamaian dan keharmonisan dalam hidup ini

Punia, artinya perwujudan cinta kasih dengan wujud saling menolong dengan memberikan sesuatu atau harta benda yang manusia miliki secara ikhlas dan berguna bagi yang diberi. Punia atau pemberian dengan ikhlas dapat dibedakan menjadi 4 (empat) yakni (1) makanan dan minuman, (2) pakaian dan perhiasan, (3) pelayan atau istri, (4) ilmu pengetahuan

Bhakti, artinya perwujudan hati nurani berupa cinta kasih dan sujud Tuhan, orangtua, guru dan pemerintah. Bhakti Marga yaitu cara atau jalan untuk melakukan hubungan kepada Tuhan dengan jalan sujud bhakti kepada-NYA.

Visi Tri Rena Tata

Hutang jiwa kepada Tuhan, karena Tuhan yang memberi hidup kepada semua makhluk yang ada didunia ini

Hutang jasa kepada leluhur, yakni orangtua dan nenek moyang yang telah disucikan

Hutang ilmu pengetahuan kepada para guru, karena para guru adalah orang yang bijaksana dan menurunkan ilmunya kepada siswanya.

baca juga : Visi Pendidikan Patih Gajah Mada

img
BeJo@23
EDITOR

Budaya Lokal Terbaru