Detik-Detik Penyelamatan ABK KM Multi Prima 1 Yang Tenggelam di Selat Bali

  • Kabar
  • 26 Nov 2018 | 06:06 WIB
  • Oleh ANT
  • Dilihat 94 kali

Hantaman ombak diduga menjadi penyebab tenggelamnya KM Multi Prima 1 di perairan Selat Bali, Sabtu (24/11) sekitar pukul 15.08 WITA. Kapal yang berangkat dari Surabaya menuju Kota Waingapu, NTT, itu tenggelam dengan membawa 14 orang anak buah kapal (ABK), dengan rincian 7 orang dinyatakan selamat sementara 7 orang lainnya masih belum ditermukan. "Kapal tersebut dihantam ombak di sekitar Pulau Kapongan Bali atau utara Lombok, kemudian meminta bantuan SOS melalui frekuensi yang diterima oleh KM Cahaya Abadi," kata Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Jember Asnawi Suroso, seperti dilansir Antara, Minggu (25/11).

Ia menyebutkan, pada saat KM Cahaya Abadi melakukan evakuasi, hanya ada tujuh orang yang selamat, sedangkan tujuh orang lainnya belum dicari karena cuaca buruk. "Saat penyelamatan tujuh ABK KM Multi Prima 1 dalam kondisi cuaca buruk, sehingga KM Cahaya Abadi memutuskan untuk bertolak menuju ke Pelabuhan Probolinggo dengan membawa ABK yang selamat," ujar Asnawi. KM Multi Prima I dengan panjang 55 M dan lebar 11 M tenggelam.

Sebelumnya, Kepala Operasi Basarnas Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi mengatakan, proses pencarian tujuh orang yang hilang baru akan dimulai pada Minggu (25/11) pagi yang akan dilaksanakan oleh tim SAR Mataram. Saat ini, tujuh ABK yang berhasil diselamatkan telah dibawa ke mess SROP Probolinggo untuk menjalani perawatan. KM Multi Prima 1 merupakan kapal berjenis kargo. Saat tenggelam, kapal itu mengangkut berbagai bahan bangunan hingga pakan ternak.

img
BeJo@17
EDITOR

BejoTV Terbaru